Pesona Pantai Kelingking



Pantai Kelingking Nusa Penida

Lokasi Pantai
Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yang secara administratif berada di bawah Kabupaten Klungkung. Alam Nusa Penida masih murni dan memiliki pemandangan memukau yang berupa pantai tenang berpasir putih, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst di tepian laut.  Salah satu objek yang memukau di sini adalah “Kelingking Secret Point Nusa Penida” atau juga disebut Pantai Kelingking. Pantai Kelingking, objek wisata di Nusa Penida ini, sementara waktu mungkin cukup asing bagi orang kebanyakan, keberadaannya di tempat terpencil, jauh dari keramaian dan pusat-pusat pariwisata di Bali, sehingga membuatnya kurang begitu familiar.
 Oleh warga setempat pantai Kelingking lebih dikenal dengan nama pantai Karang Dawa, karena lokasi dari objek wisata ini di dusun Bunga Mekar, Desa Karang Dawa, Kecamatan Nusa Penida. Sehingga lebih dikenal sebagai pantai Karang Dawa. Sebutan pantai Kelingking hanya populer di kalangan wisatawan saja. Menurut penuturan warga, pantai Kelingking yang terletak di kaki tebing bukit ini ditemukan dengan tidak sengaja oleh seorang penyelam berkebangsaan Ceko, tempatnya memang tersembunyi di balik bukit dan tidak mudah untuk menjangkaunya.  

Akses Menuju Pantai
Medan jalan untuk bisa menikmati Pantai Kelingking, wisatawan harus menuruni tebing terjal dengan kemiringan sekitar 70-80 derajat dan hanya berpegangan pada pagar kayu seadanya. Atau bisa menggunakan kapal yang bisa dilalui dari pelabuhan ke pantai.
Rute untuk menuju Nusa Penida sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan timur Padang Bai, dari pelabuhan Kusamba Klungkung atau dari Pantai Sanur atau dari Nusa Penida barat Toyapakeh/Banjar Nyuh ke Kelingking Beach. Jika dari Padang Bai, Anda bisa naik kapal feri dengan biaya sekitar Rp. 30 ribu atau speed boat dengan membayar Rp 45 ribu. Perjalanan dari Padang Bai ditempuh sekitar 1 jam untuk menuju Nusa Penida.
Jika dari Pantai Sanur untuk harga tiket penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida menggunakan fast boat, tergantung pada perusahaan kapal fast boat yang anda gunakan. Rata-rata harga tiket kapal dari Sanur ke Nusa Penida oneway Rp 100,000 – Rp 125,000/Dewasa, Rp 85,000/Anak harga ini hanya berlaku pada wisatawan dosmetik, berbeda apabila tarif penyeberangan Sanur ke Nusa Penida WNA, lebih mahal yaitu kisaran, Rp 150,000/Dewasa, Rp 125,000/Anak. Normalnya akan membutuhkan waktu tempuh 30-45 menit untuk sampai pulau tersebut dengan fast boat dari Pantai Sanur. Untuk jarak dari Pelabuhan Nusa Penida barat Toyapakeh/Banjar Nyuh ke Kelingking Beach hanya 25 km atau sekitar 45-60 menit.

Kondisi Pantai
Objek wisata di pulau Nusa Penida memang terkenal didominasi oleh tebing-tebing karang curam, kondisi geografis dan kontur tanah berbatu kapur, membuat kawasan ini cukup kering di musim kemarau, sedangkan pada musim hujan alam sekitarnya akan terlihat hijau dan lebih indah. Sejumlah tempat wisata dengan keindahan tebing-tebing bukit di Nusa Penida diantara pulau Seribu, pantai Paluang, Pasih Uug (Broken Beach) termasuk juga pantai Kelingking tersebut. 

Pemandangan Pantai Kelingking dari atas merupakan pemandangan eksotis Tebing Paluang, atau yang sering disebut Karang Dawa.Paluang adalah nama pura yang letaknya tidak jauh dari tebing ini, sedangkan Karang Dawa adalah nama desanya. Tebing ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Jika dilihat dari atas seperti bentuk anak ikan paus yang sedang berbaring di tepi lautan selain itu, banyak juga yang menganggapnya mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex). Infrastuktur di Nusa Penida belum begitu sempurna. Pilihan transportasi umum di pulau ini juga sangat terbatas. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke sini sebaiknya menyewa sepeda motor agar lebih fleksibel mencapai berbagai destinasi wisata di Nusa Penida.

Harga Tiket, Fasilitas dan Tempat Menarik di Sekitar Pantai
Pintu masuk pantai ini terletak di sebuah tebing dengan bukit memanjang dan menjorok ke arah laut, menyerupai jari kelingking. Untuk harga tiket masuk pantai:
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000 / Orang
Biaya Parkir: Rp. 5.000 untuk Motor
Rp. 10.000 untuk Mobil
Sewa motor sekitar Rp. 75.000
Sewa mobil sekitar Rp. 350.000 

Objek wisata yang ada di Pantai kelingking dan sekeliling daerah Pantai Kelingking ini  
terdapat:
·         Pohon Cinta
Masih satu lokasi dengan "Kelingking Secret Point", terdapat sebuah pohon yang bernama pohon cinta. Penamaan pohon ini bermula dari sepasang pasangan yang melakukan foto pre-wedding di pohon ini. Kemudian banyak pasangan lain yang juga gemar berfoto disini. Karena itu, pohon ini dinamakan pohon cinta. Pohon yang kini tersisa batang dan rantingnya saja, namun tetap populer untuk dijadikan objek foto. Lautan luas lepas yang bertemu dengan langit biru menjadi latar belakangnya jika mengambil foto dari sini.

·         Konservasi perairan The Global Coral Triangle
Dekat dengan pantai-pantai lainnya yang tak kalah indah Pulau Nusa Penida termasuk dalam kawasan konservasi perairan The Global Coral Triangle dari WWF.  Tak heran, apabila berkunjung ke Pantai Kelingking, pengunjung bisa pula menikmati ragam pantai-pantai lain yang tak kalah indahnya. Antara lain Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, Angel’s Billabong serta Broken Beach. Lokasi-lokasi tersebut bisa dijadikan alternatif kunjungan seandainya Pantai Kelingking sedang ramai.

·         Manta Point

Spot yang terkenal yang harus dikunjungi untuk merasakan serunya berenang bersama puluhan ekor ikan Manta yang langka. Di kedalaman bawah laut Manta Point ini pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) berenang bebas bersama mereka. Inilah yang menjadikan Manta Point di Kelingking Secret Point menjadi spot yang harus dikunjungi untuk merasakan serunya berenang bersama puluhan ekor ikan Manta yang langka.


·         Pura di Kelingking Secret Point Nusa Penida
Selain Pantai Kelingking, ada pula pantai lain yang terletak tidak jauh dari tempat ini yang disebut dengan nama Pantai Paluang. Di pantai ini terdapat sebuah pura yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Pura Paluang atau juga ada yang menamainya dengan Pura Mobil. Di karenakan di sini terdapat keberadaan pelinggih yang  berbentuk mobil.

·         Kelingking Swing & Kelingking Love

Di Pantai Kelingking ini ada terdapat spot yang instagramable yaitu “Love Tree” namun sayang sejak bulan mei 2018 pohon tersebut telah rusak, mungkin sudah terlalu tua dan banyak pengunjung yang mengabadikan memanjat pohon tersebut hingga sekarang kita hanya bisa melihat sisa batang rapuhnya saja. Sebagai penggantinya dibuatlah “Love Kelingking” dan “kelingking swing”. Tentunya spot instagramable baru ini tidak kalah menarik.

·         Titanic shipwreck kelingking
Lokasi ini ada di dekat pintu masuk kelingking beach. Jadi saat travela masuk dari loket tiket Lurus hingga menemukan rangkaian kapal.


Berikut beberapa gambar pantai Kelingking diambil dari Pinterest:
Foto di Pantai Kelingking saat senja
Potret Pantai Kelingking saat matahari terbit
Gua pasir di Pantai Kelingking

Komentar

Postingan populer dari blog ini

V-Class 3 Ilmu Budaya

V-Class 1 Ilmu Budaya

V-Class 4 Ilmu Budaya