Pengalaman psikologis pribadi penyebab utama tertarik pada psikologi

Pengalaman pribadi psikologis yang buat gue tertarik sama Psikologi!!

YAYAAAAA, setelah gue dewasaa gue baru sadar, kalaaauu kejadian kejadian yang gue alamin waktu kecil itu ternyata gak gue doang yang rasain annddd emang ada ilmunyaa!! waah tertarik banget dong guee^o^
Pas gue masih youngggg banget gue dumb juga muehehehehe, soalnya gue pikir hal hal yang terjadi sama gue tuh aneh bgt and gue berfikir gue ni kinda weird gtu huhu bodohnyaa:' padahal ternyata semua itu bisa dijelasin sama Sains terutama Psikologi!! uwaa senengnya😩


nahh jadi gue mau share niih beberpaa pengalaman pribadi gue yang gue fikir dulu cuma gue aja yang rasain hmmm, beserta penjelasannya juga yaaw;)



1. De Javu
Pertama, pertama banget hal yang gue ketahui sebagai kondisi ilmiah dan bisa dijelasin secara psikologi itu adalah De Javu. Dulu pas kecil gue sering dan seringgg banget ngalamin yg namanya 'pengulangan kejadian' semisal kaya kita lagi makan pake udang di meja makan sama keluarga terus salah satu anggota kita ngomong ke kita suatu hal, dann tiba tiba degg.. inikann pernah sebelumnya>.<
jadi waktu itu gue masih awam banget lah sama hal hal kaya gitu, dann kalian bisa tebak ngga gue mikir apa? hahaha yang gue pikirin pas itu adalah kejadian ini tuh serpihan kecil dari kehidupan gue di masalalu:D gue rasa bisa mikir gitu karna dulu gue emang suka banget nonton serial India khususnya ya Little Krisna.. hehe ya jadi gitulah kira kira pengalaman pribadi gue sama de javu yang bahkan sampe sekarang pun masih gue alamin walaupun udah jarang.
Gue rasa kalian juga udah ngga asing kan sama de javu ini, karna yaa emang udah sering banget nih diomongin dimana mana jadi meme atau apa lah. Sedikit fact juga de javu ini ternyata pernah dialamin oleh 99% orang di dunia lohh, seenggaknya sekali seumur hidup mereka!! waah kalian udah alamin beluum?

2. Lucid Dream
Lanjut ke lucid dream, dari umur gue awal awal belasan tahun gitu gue baru sadar nih kalo kadang di setiap gue tidur mimpi yang gue terima nih bisa gue kendaliin. haah? serius? seriuss guee!! jadi menurut wikipedia lucid dream atau mimpi sadar adalah.. nih gue copast aja deh
"Mimpi sadar adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya." Nah jelas kann, jadi gue tuh kalo tidur dan mimpi pasti gue nih tau kalo itu ngga nyata alias mimpi! dann ga nyampe disitu aja pengalaman gue, gue dan  orang2 yang juga ngalamin lucid dream bisa juga loh ngendaliin mimpi mereka, alhasil gue yang sadar kalo itu cuma mimpi kadang gue nyoba hal hal yang ngga mungkin gue lakuin di dunia nyata atau real life. misal, kita ngga mungkin dong terbang, kan enggak bisa:' jadilah gue buat mimpi gue itu lagi terbang uwaa😍 daann fun fact nya setelah ngalamin lucid dream ini, bangunnya orang yang abis lucid dream akan puas banget tuh tidurnya karna bisa ngendaliin mimpinya semaunyaa.. hehe bisa di coba loh lucid dream ini^_^

3. Synesthesia
Ini bakal jadi spesial banget, karna ini yang ngebuat gue jadi nulis blog ini hehehe.
Jadii pas gue kecil lagi, ada suatu kejadian yang buat gue bisa liat warnaa dari hal yang gue dengerr! uwaa tertarik ngga nih? :D waktu itu gue lupa apa ceritanya, pokoknya semenjak itu setiap gue denger nama nama hari atau bulan yang ada di pikiran gue adalah warna dari masing masing hal tersebut. Ada orang sebut Jumat pasti yang gue pikirin warna orange, iyaaa oranye jingga atau apalah pokoknya jelas bangett! Hari Rabu sama warna abu abu, Kamis warna Kuning, Senin Putih, dan Selasa putih ke pink2 gitu 😍..
Sebelumnya buat yang belum pernah denger soal keadaan synesthesia tenangg gue udah siapin copast an lagi nih dari wikipediaa tentunya
"Sinestesia adalah metafora berupa ungkapan yang berhubungan dengan suatu indra untuk dikenakan pada indra lain."
Nah sinestesia yang gue alamin ini namanya ordinal linguistic personification sama colored grapheme synesthesia, dimana gue selalu bisa liat warna dari suatu hal kaya bulan hari huruf atau angka.
Sebelumnya gue nggak tau nih soal sinestia ini dan gue anggepnya ya ini cuma bagian dari kreativitas atau halusinasi gue pas kecil aja, tapii kenapa gue jadi mutusin buat nulis ini karna gue abis dapet rekomendasi dari temen salah satu judul komik di internet gitu, yang mana setelah gue baca beberapa episode ini ngingetin gue sama diri gue di waktu kecil dan setelahnya gue langsung browsing soal sinestia ini and ketemu! ternyata emang ada syndrom ini. Terus kenapa gue bilang ingetin diri gue? berarti udah nggak ngalamin dong? Iya, seiring bertambahnya usia sinestesia gue ini mulai ilang, tapi bukan ilang sepenuhnya karna kadang sinestesia itu masih suka muncul tanpa gue sadar. Jadii kalian sendiri pernah denger belum nih sebelumnya? atau ada yang pernah ngalamin juga? ^,^

4. Sleep Paralysis
Yang ke empat ini mungkin agak beda sama pengalaman sebelumnya karna gue tau duluan soal ini baru gue ngalamin^,^
Sleep paralysis atau biasa orang Indonesia sebut sebagai tindihan adalah kondisi ketidakmampuan temporer untuk bergerak atau berbicara saat tertidur atau setelah bangun. soal tindihan ini pasti udah banyak dari kita yang tau karna di masyarakat kita sering menghubungkannya dengan hal yang mistis sehingga membuat hal ini menjadi menarik untuk diketahui dan dibahas, padahal bisa loh dijelaskan secara ilmiahnya ^_^ budayakan membaca deh, seru loh dan berguna bgt kok.
Lanjut ke pengalaman gue soal sleep paralysis ini, gue pribadi ngalamin ini udah 2 kali dimana dua duanya gue alamin setelah tau sleep paralysis ini adalah kondisi ilmiah yang bisa dijelasin secara sains dan psikologi. Gue pertama kali alamin ini pas SMA kelas 2, waktu itu gue yang baru pulang sekolah dan lagi capek banget juga nggak biasanya gue capek kaya gitu langsung aja tidur random di kamar yang masih berantakan, tiba tiba pas sadar alias bangun gue nggak bisa tuh bergerak sama sekali, ngomong nggak bisa, bangun nggak bisa, pokoknya ngga bisa ngapa ngapain dehh kaya orang kena stroke gitu! Untungnya kondisi ini udah nggak awam lagi buat gue meskipun baru pertama kali ngalaminnya, dari awal smp gue udah tau banyak soal sleep paralysis ini. Jadi yang gue lakuin waktu itu, gue cuma tenang, tenangin diri dan berusaha buat gak panik, engga berani buka mata karna takut muncul halusinasi gue sendiri yang serem2. Udah tenang terus lanjut ke gerakin ujung ujung kaki yang mana adalah jari jari kaki gue sendiri dannn ngga perlu lama, gue langsung bisa gerak dan bangun! uwaaa lega nya^,^
Kejadian kedua terjadi ngga lama setelah sleep paralysis yang pertama, dan yang gue lakuin sama and u know berhasil juga! Jadii ini tips dari gue juga ya kalo kalian tiba tiba ngalamin hal yang sama, kalian bisa coba and get free lagii yeeyy:D


Okeee mungkin segitu dulu pengalaman yang bisa gue share, gue berharap yang ke empat ini enggak jadi yang terakhir yaa karna siapa tau masih ada pengalaman gue yang belum disadarin dan belum ketemu penjelasan ilmiahnya;)
Tbh semua yang gue ceritain disini berdasarkan FACT dari pengalaman pribadi gue^^ mungkin kalo ada yang pernah juga ngalamin dari salah satu atau beberapa hal di atas bisa diceritain😍 atau ngga ada juga bisa diceritainn pengalamannya hehe:D
Jadii disini gue mau bilang, jangan semua hal yang ngga logis atau ngga masuk akal langsung kalian sangkut pautkan sama yang mistis2. memang ada pastinya sesuatu yang hanya bisa dijelaskan secara spiritual, tapi kan ada baiknya caritau dulu dengan rinci;) siapa tau.. hal itu masih bisa kok dijelaskan secara ilmiah oleh sains dan ilmu lainnya:D

okee, jadi tetap budayakan haus akan pengetahuan yaa.. terimakasih telah berkenan membaca!
πŸ’™

Komentar


  1. Tengkyu ya penjelasnya 😁 setelah gue tau penjelasanya gua ga berkhayal ke hal² mistis yg di ceritain orang jaman dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh sama sama Belaa, semoga bermanfaat yaaπŸ’™

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

V-Class 3 Ilmu Budaya

V-Class 1 Ilmu Budaya

V-Class 4 Ilmu Budaya